Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Apakah Honorer Akan Menerima THR di Tahun 2024?

Pertanyaan mengenai hak para tenaga honorer untuk menerima Tunjangan Hari Raya (THR) kembali muncul di tahun 2024.
Honorer Akan Menerima THR 2024?

Pertanyaan mengenai hak para tenaga honorer untuk menerima Tunjangan Hari Raya (THR) kembali muncul di tahun 2024. Pada tahun 2023, para honorer tidak mendapatkan THR, berdasarkan pernyataan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah kebijakan serupa akan berlaku di tahun 2024.

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah salah satu bentuk penghargaan dan kompensasi tambahan yang diberikan kepada pekerja menjelang hari raya, terutama Idul Fitri bagi umat Islam. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah pekerja honorer, yang jumlahnya cukup signifikan di Indonesia, juga berhak menerima THR? Khususnya pada tahun 2024, di mana kondisi ekonomi dan kebijakan ketenagakerjaan bisa berpengaruh pada pemberian THR bagi pekerja honorer.

Ketentuan THR untuk Honorer

Saat ini, belum ada regulasi resmi yang mengatur tentang THR bagi tenaga honorer di tahun 2024.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas bagi Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Pejabat Negara hanya mengatur THR untuk PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Keputusan Presiden (Keppres) tentang THR untuk honorer biasanya diterbitkan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Status Honorer dalam Kebijakan THR

Honorer sering kali dianggap sebagai pekerja tidak tetap atau kontrak, yang secara hukum berbeda dengan karyawan tetap. Dalam beberapa kasus, honorer tidak termasuk dalam kategori pekerja yang berhak menerima THR sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja. Ini dapat menjadi masalah karena honorer seringkali melakukan pekerjaan yang sama dengan karyawan tetap, tetapi tanpa hak-hak yang sama.

Perubahan Kebijakan dan Tuntutan Pekerja

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada tuntutan dari berbagai pihak, termasuk serikat pekerja, untuk memperluas cakupan THR agar mencakup semua pekerja, termasuk honorer. Hal ini dianggap sebagai langkah yang adil dan sejalan dengan semangat perlindungan tenaga kerja di Indonesia.

Pengaruh Kondisi Ekonomi dan Kebijakan Pemerintah

Pada tahun 2024, pemberian THR kepada honorer dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi secara keseluruhan dan kebijakan pemerintah terkait ketenagakerjaan. Jika kondisi ekonomi membaik, perusahaan cenderung lebih mungkin memberikan THR kepada seluruh pekerja, termasuk honorer. Namun, jika kondisi ekonomi kurang stabil, perusahaan mungkin akan mempertimbangkan untuk membatasi pengeluaran THR.

Tetap ikuti perkembangan informasi terbaru mengenai THR untuk honorer di tahun 2024 melalui sumber-sumber terpercaya, seperti:

  1. Situs web resmi Kementerian PANRB
  2. Media sosial resmi Kementerian PANRB
  3. Portal berita nasional terpercaya

Kesimpulan

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai THR untuk honorer di tahun 2024. Diharapkan pemerintah dapat memberikan perhatian dan mempertimbangkan pemberian THR kepada para honorer sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian mereka.

Berita Terkini Nasional Pendidikan
Nazir
Nazir
Freelancers...
Join the conversation
Post a Comment