Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

6 Kuliner Khas Aceh Tamiang Yang Paling Digemari di Bulan Ramadhan

Kuliner-kuliner tersebut banyak diminati karena rasanya yang lezat dan kekinian. Anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah atau di pasar di aceh
Kuliner Aceh Tamiang

Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan seluruh umat Islam di Indonesia dan dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Di bulan ini, segala doa akan diijabah, dan pintu ampunan pun terbuka. Di Aceh Tamiang, tradisi menyambut bulan Ramadhan memiliki nuansa unik.

Selain sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk mengenalkan kuliner dan jajanan khas daerah ini kepada publik. Berikut ini adalah beberapa kuliner dan jajanan khas Aceh Tamiang yang paling cocok untuk berbuka puasa:

1. Bubur Pedas

Bubur pedas dikenal sebagai makanan khas suku Melayu, termasuk bagi masyarakat di Aceh Tamiang yang merupakan bagian etnis Melayu. Bubur pedas memiliki rasa yang pedas dan disajikan hanya pada saat-saat tertentu. Filosofi “sempene” yang berarti keberkahan terkandung dalam bubur pedas, dan hingga kini, bubur pedas masih menjadi menu favorit di bulan Ramadhan bagi masyarakat Aceh Tamiang.

2. Kanji Rumbi

Kanji rumbi adalah hidangan berkuah kental yang terbuat dari tepung beras, santan, dan aneka sayuran seperti kacang panjang, jagung muda, dan labu kuning. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis, dan biasanya disajikan dengan ikan asin atau ayam goreng.

3. Sambai Oen Peugaga

Hidangan ini hanya tersedia saat bulan Ramadhan. Sambai Oen Peugaga adalah hidangan tradisional Aceh yang langka. Rasanya khas dan menggugah selera. Jadi, jika Anda berkesempatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Sambai Oen Peugaga.

4. Boh Timon

Boh timon adalah kue tradisional Aceh yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Kue ini memiliki bentuk bulat seperti bola dan berwarna coklat. Boh timon memiliki rasa manis dan legit, dan biasanya disajikan sebagai camilan saat berbuka puasa.

5. Ie Bu Peudah

Bubur pedas khas Aceh yang hanya bisa ditemui saat Bulan Ramadan. Ie Bu Peudah juga diracik dengan 44 jenis daun muda. Rasanya yang pedas dan kaya rempah membuatnya menjadi hidangan yang dinantikan saat berbuka puasa.

6. Timphan

Timphan adalah jajanan tradisional Aceh yang terbuat dari tepung beras dan santan. Adonan timphan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Timphan memiliki rasa gurih dan sedikit manis, dan biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah.

Kuliner-kuliner tersebut banyak diminati karena rasanya yang lezat dan kekinian. Anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah atau di pasar yang di aceh tamiang.

Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang kuliner khas Aceh Tamiang yang lezat dan cocok untuk menyambut bulan suci Ramadhan!

Kuliner
Nazir
Nazir
Freelancers...
Join the conversation
Post a Comment