Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

15 Tempat Wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar, dari Pantai hingga Air Terjun

Banda Aceh dan Aceh Besar menawarkan wisata yang lengkap bagi para pelancong. Pengalaman wisata yang tak terlupakan menanti Anda di sini
Banda Aceh dan Aceh Besar, menawarkan pesona wisata yang tak terlupakan. Perpaduan alam yang indah, budaya yang kaya, dan sejarah yang panjang menjadikan kawasan ini sebagai destinasi menarik bagi para pelancong.

Wisata Terbaik Air Terjun Peukan Biluy
Sumber: instagram/all_of_aceh/Tempat Wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar

Tempat Wisata Terbaik di Banda Aceh dan Aceh Besar

Berikut ini adalah rangkuman 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar, dari Pantai hingga Air Terjun:

1. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue merupakan salah satu pantai terpopuler di Banda Aceh, Aceh. Terletak di ujung barat laut kota, pantai ini menawarkan panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putih yang luas, air laut biru jernih, dan ombak yang tenang. Pantai Ulee Lheue menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk bersantai, berenang, bermain air, atau berjemur.

Lokasi: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

2. Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang, yang juga dikenal dengan nama asli Taman Ghairah, adalah sebuah taman kerajaan peninggalan Kesultanan Aceh Darussalam. Terletak di Kota Banda Aceh, taman ini memiliki sejarah dan keindahan yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

3. Pantai Baro Peukan

Pantai Baro Peukan Bada terletak di Gampong Baro, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat berenang, bermain pasir.

Lokasi: Unnamed Road, Baro, Kec. Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.

4. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh adalah museum yang didirikan sebagai monumen simbolis untuk mengenang bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. Selain itu, museum ini berfungsi sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat jika terjadi tsunami lagi.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

5. Nol Kilometer Kota Banda Aceh

Nol Kilometer Kota Banda Aceh adalah penanda lokasi titik awal berdirinya Kota Banda Aceh. Tugu ini berada di Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Menurut prasasti yang ada di sana, Tugu Nol Kilometer menandai lokasi cikal bakal lahirnya Kota Banda Aceh, yang merupakan awal mula Kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan oleh Sultan Johansyah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 M.

Lokasi: Gampong Pande, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

6. Museum PLTD Apung

Museum PLTD Apung adalah bekas kapal pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) milik PLN yang kini menjadi tempat wisata edukasi kebencanaan di Banda Aceh, Indonesia. Kapal ini menjadi saksi bisu dahsyatnya gelombang tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004.

7. Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Konon kabarnya, air terjun ini sudah tidak lagi menjadi tujuan wisata utama.

Beberapa sumber menyebutkan debit airnya menyusut drastis, bahkan kering pada musim kemarau karena airnya dialihkan untuk kebutuhan air PDAM warga sekitar.  Selain itu, akses jalan dan fasilitas menuju lokasi air terjun ini juga kurang terawat. Namun, jika Anda tetap ingin mengunjungi Air Terjun Peukan Biluy.

Lokasi: Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya sekitar 16,76 Km dari Kantor Bupati Aceh Besar.

8. Kolam Renang Mata Ie

Kolam Renang Mata Ie adalah salah satu tempat rekreasi air favorit warga lokal di Banda Aceh, Aceh Besar. Kolam Renang Mata Ie memiliki arti "sumber mata air" dalam bahasa Indonesia.  Sesuai dengan namanya, kolam renang ini konon menggunakan sumber mata air alami.

Kolam Renang Mata Ie menyediakan dua kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, sehingga cocok untuk digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.  Selain itu, tersedia juga fasilitas pendukung seperti kamar bilas, ruang ganti, dan kantin.

Lokasi: Geundring, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.

9. Lhok Mata Ie Ujong Pancu

Lhok Mata Ie Ujong Pancu adalah tempat wisata berupa pantai tersembunyi yang terletak di daerah Ujong Pancu, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Dinamakan Lhok Mata Ie karena dalam bahasa Aceh, "Lhok" berarti teluk atau tempat keluarnya air, sedangkan "Mata Ie" berarti mata air.

Jadi, Lhok Mata Ie memiliki arti "Teluk Mata Air".  Sesuai dengan namanya, konon di pantai ini terdapat mata air tawar yang bisa diminum.

Pantai Lhok Mata Ie memiliki keindahan yang alami dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.  Namun untuk mencapai lokasi pantai ini, wisatawan perlu melakukan perjalanan trekking melewati perbukitan dengan medan yang cukup terjal selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Bagi Anda yang menyukai wisata petualangan dan tantangan, pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.  Selain itu, karena lokasinya yang tersembunyi, pantai ini  biasanya masih sepi pengunjung sehingga cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan menghindari keramaian.

Lokasi: Lam Pageu, Kec. Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.

10. Taman Rusa Aceh Besar

Taman Rusa Aceh Besar adalah kawasan rekreasi keluarga yang terletak di Desa Lam Tanjong, Kecamatan Sibreh, Aceh Besar. Jaraknya sekitar 15 menit berkendara dari Kota Banda Aceh.  Tempat wisata ini populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena memadukan keindahan alam, edukasi satwa, dan aneka aktivitas rekreasi yang seru.

Lokasi: Lambirah, Kec. SukaMakmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.

11. Hutan Kota BNI Banda Aceh

Hutan Kota BNI Banda Aceh adalah kawasan ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai paru-paru Kota Banda Aceh.  Lokasinya berada di Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.

Dibangun hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Banda Aceh, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Yayasan Bustanussalatin, Hutan Kota BNI kini menjadi tempat favorit warga Banda Aceh untuk menghabiskan waktu luang.

Lokasi: Jl. Hutan, Tibang, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

12. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka adalah air terjun bertingkat yang terletak di kaki Gunung Kuta Malaka, bagian dari barisan Bukit Barisan di wilayah Kecamatan Samahani, Kabupaten Aceh Besar. Air terjun ini sering disebut sebagai surga tersembunyi karena keindahannya yang alami dan belum dikelola secara maksimal.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Kuta Malaka, Anda harus melewati perjalanan yang cukup menantang.  Medannya berupa jalan tanah merah, menanjak, dan  melewati beberapa anak sungai.  Namun semua perjalanan terbayar lunas ketika Anda sampai di lokasi air terjun.

Air Terjun Kuta Malaka memiliki tujuh tingkat dengan ketinggian masing-masing sekitar 3-6 meter.  Di bawah setiap tingkat air terjun terdapat kolam alami dengan kedalaman 100-200 cm dan lebar 200-300 cm.  Air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar karena berasal dari pegunungan.

Air Terjun Kuta Malaka mulai ramai dikunjungi wisatawan setelah perundingan damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2005. Sebelumnya, lokasi tersebut terisolasi karena menjadi markas GAM dan sering terjadi baku tembak.

Lokasi: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. SukaMakmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.

13. Ulee Lheue Park

Ulee Lheue Park adalah destinasi wisata terbaru di Banda Aceh yang menawarkan perpaduan antara keindahan pantai, wisata kuliner, dan ruang publik yang nyaman. Diresmikan pada awal tahun 2021, Ulee Lheue Park terletak di kawasan wisata Pantai Ulee Lheue, Banda Aceh.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Lama Ulee Lheue, Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

14. Pantai Kuala Aceh

Pantai Kuala Aceh belum terlalu dikenal wisatawan dan belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata. Namun, keindahan pantai ini mulai menarik minat wisatawan karena menawarkan suasana

Pantai Kuala Aceh terletak di Gampong Kuala Aceh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.  Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan landai serta air laut yang jernih berwarna kebiruan.

Bagi Anda yang menyukai wisata bahari yang tenang, Pantai Kuala Aceh cocok untuk dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata.

Lokasi: Gampong Pande, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

15. Panorama Krueng Cut-Alue Naga

Panorama Krueng Cut-Alue Naga adalah  objek wisata yang menawarkan keindahan sungai dan pegunungan di Aceh Besar. Saat ini, Panorama Krueng Cut-Alue Naga belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata.  Oleh karena itu, belum tersedia fasilitas penunjang seperti toilet umum, mushola, dan warung makan.

Lokasi: Jl. Kp Jawa, Tibang, Syiah Kuala, Banda Aceh City, Aceh, Indonesia.

Kesimpulan

Banda Aceh dan Aceh Besar menawarkan wisata yang lengkap bagi para pelancong.  Pengalaman wisata yang tak terlupakan menanti Anda di sini, mulai dari keindahan alam yang memukau, kekayaan budaya yang unik, hingga peninggalan sejarah yang memukau.  Yuk, jelajahi pesona Banda Aceh dan Aceh Besar!

Wisata
Join the conversation
Post a Comment