Pengertian Post Syndrome Holiday? Bagaimana Cara Mengatasinya? Yuk Simak!

Pendidikan84 Dilihat

Pengertian Post Syndrome Holiday?

Post Syndrome Holiday adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kekecewaan dan kekecewaan yang dirasakan oleh seseorang setelah pulang dari liburan atau liburan. Fenomena ini juga kerap disebut sebagai “post-vacation blues” atau “post-travel depression”.

Gagasan di balik istilah ini adalah bahwa kegembiraan dan antusiasme dari liburan dapat sangat besar sehingga ketika perjalanan selesai, dan individu kembali ke rutinitas mereka, mereka mungkin kesulitan untuk menyesuaikan diri dan merasa kekecewaan. Hal ini dapat terwujud dalam berbagai cara, seperti merasa sedih, tidak bersemangat, atau bahkan mengalami gejala fisik seperti kelelahan dan sakit kepala.

Beberapa penyebab potensial dari post-vacation blues adalah gagasan “adaptasi syndrome”, yang merujuk pada kesulitan tubuh dan pikiran dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan atau rutinitas. Gagasan lain adalah “jet lag sosial”, yang terjadi ketika jam tubuh internal seseorang tidak selaras dengan rutinitas mereka, yang menyebabkan perasaan kelelahan dan kebingungan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah atau meredakan post-vacation blues. Salah satunya adalah merencanakan periode “buffer” sebelum kembali bekerja atau tanggung jawab lain. Ini dapat meliputi beberapa hari untuk beristirahat dan kembali perlahan ke rutinitas Anda.

Anda juga dapat mencoba untuk tetap aktif dan memelihara pola makan sehat selama liburan agar Anda kurang mungkin merasa lesu saat kembali. Selain itu, Anda dapat mencoba untuk menyimpan sesuatu dari liburan Anda, misalnya dengan merencanakan “staycation” kecil di mana Anda mencoba untuk menirukan beberapa elemen terbaik dari perjalanan Anda di rumah Anda sendiri.

Strategi lain yang efektif untuk mengatasi post-vacation blues adalah fokus pada hal-hal yang Anda nantikan, apakah itu bekerja, sosial, atau proyek dan acara pribadi. Tetap sibuk dan memiliki sesuatu untuk ditunggu-tunggu dapat membantu Anda untuk beralih kembali ke rutinitas Anda dengan lebih mudah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa cara untuk mengatasi post-vacation blues, diantaranya:

  1. Bersiap dengan baik sebelum liburan: Persiapkan diri dengan baik sebelum pergi liburan, dengan cara menyelesaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan dan membuat rencana yang jelas untuk setelah pulang.
  2. Buffer period: Rencanakan periode “buffer” sebelum kembali bekerja atau menjalani tanggung jawab lainnya. Ini dapat meliputi beberapa hari untuk beristirahat dan kembali perlahan ke rutinitas Anda.
  3. Tetap aktif dan sehat: Cobalah untuk tetap aktif dan memelihara pola makan sehat selama liburan agar Anda kurang mungkin merasa lesu saat kembali.
  4. Bawa sesuatu dari liburan Anda: Cobalah untuk menyimpan sesuatu dari liburan Anda, misalnya dengan merencanakan “staycation” kecil di mana Anda mencoba untuk menirukan beberapa elemen terbaik dari perjalanan Anda di rumah Anda sendiri.
  5. Fokus pada hal-hal yang ditunggu-tunggu: Fokus pada hal-hal yang Anda nantikan, apakah itu bekerja, sosial, atau proyek dan acara pribadi. Tetap sibuk dan memiliki sesuatu untuk ditunggu-tunggu dapat membantu Anda untuk beralih kembali ke rutinitas Anda dengan lebih mudah.
  6. Berbagi pengalaman dengan teman-teman dan keluarga: Berbagi pengalaman liburan Anda dengan teman-teman dan keluarga dapat membantu Anda untuk merasakan kembali kenangan yang menyenangkan.
  7. Jangan terlalu keras pada diri sendiri : Ingatlah bahwa post-vacation blues adalah fenomena yang normal dan banyak orang yang mengalaminya. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Anda merasa sedikit sedih setelah liburan.

Ingatlah bahwa post-vacation blues adalah fenomena yang normal dan akan berlalu dengan sendirinya. Jangan merasa bersalah atau khawatir jika Anda merasa sedikit sedih setelah liburan. Dengan waktu dan pendekatan yang tepat, Anda akan cepat merasakan kembali kenangan-kenangan positif dari liburan Anda.***

Komentar